Minggu, 13 Mei 2012

Aliran Dimensional


Simulasi CFD tidak pernah 100 % menyamai kondisi real. Aplikasi fluida dalam kehidupan sehari-hari  sebagai engineer adalah bagaimana kita mendesign sesuatu yang berkarakter, seperti mendesign body mobil . Hal lainnya kita bisa melihat kondisi fluida dalam ruang  bakar, aliran pipa venturi , jika pipa kecil maka tekanan rendah dan kecepatan tinggi, begitu sebaliknya.

Aliran Dimensional
Aliran dimensional adalah suatu metode untuk mereduksi dari parameter satu ke parameter yang lainnya untuk mendapatkan aliran dan geometrinya.


 Satu parameter  yang penting oleh engineer dengan mendapatkan Q (debit), berupa tekanan yang dibutuhkan untuk mendorong aliran fluida.


 Hubungan fungsional secara umum antara variabel yang berlaku untuk sistem pemipaan sejenis. Mengumpulkan variabel tersebut  ke dalam dua kombinasi tak- berdimensi ( produk tak-berdimensi atau kelompok tak-berdimensi ) sehingga,

                                     
Penyederhanaan dari  5  variabel ke 2 variabel. Namun dasar penyederhanaan, berlandaskan pada perhitungan dari dimensi variabel yang terkait. Kita memeriksa dimensi  kedua kelompok , yang secara nyata memperlihatkan bahwa kelompok tersebut adalah produk tak- berdimensi, seperti yang ditunjukkan  dibawah ini.
                               

Kita tidak hanya mengurangi jumlah variabel dari 5 menjadi 2, tetapi kelompok baru tersebut merupakan kombinasi  variabel  tak-berdimensi, yang berarti  bahwa hasil yang ditampilkan
                                                               


akan tidak bergantung pada sistem satuan yang kita pilih, dan analisis seperti inilah yang dinamakan analisi dimensional.
Hukum Reynolds adalah parameter  tak berdimensi yang sangat terkenal dalam ilmu mekanika fluida




Tidak ada komentar:

Posting Komentar